Jasa Pembuatan Peredam Suara Ruang Meeting

May 30, 2018 | | Say something

Sering kali ruang meeting adalah ruangan yang seharusnya bisa lebih kedap dan bebas dari kebisingan suara sehingga rapat bisa berjalan dengan baik dan tenang. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Ruang meeting bahkan banyak yang berisik yang timbul dari luar atau sebaliknya suara dalam ruangan meeting menjadi bocor keluar. Apa masalahnya? masalahnya adalah pada area dinding, plafon dan pintu serta jendela di ruangan meeting yang bisa menyebabkan kebocoran suara.

Suara dapat mengalir melalui medium udara atau tembok atau benda lain. Namun pada umumnya jika ada udara bisa keluar masuk suatu ruangan maka suara juga bisa keluar masuk. Untuk membuat ruangan meeting menjadi lebih privacy dan lebih tenang bebas ganggunan suara, solusinya adalah memasang bahan kedap suara untuk mencegah suara merambat melalui medium udara, sehingga suara bisa lebih terkontrol. Memang tidak mungkin membuat ruangan meeting yang kedap suara dan bebas dari udara, namun kita bisa membuat ruangan meeting lebih kedap dengan memotong jalur udara dengan memasang bahan kedap suara sehingga suara dalam ruangan dapat lebih terjaga.

Untuk membuat ruangan meeting menjadi lebih kedap maka kita berikan solusi sebagai berikut:

  1. Analisis Sumber Suara. Sumber suara bisa diidentifikasi dengan mengetahui sebenarnya suara apa yang menyebabkan kebisingan dalam ruangan meeting, atau apakah ruangan meeting menjadi keluar suaranya dan dapat didengar oleh orng di luar. Maka sumber suara ini bisa tahu seberapa tinggi tingkat kebisingan suara dan seberapa besar frekunsinya termasuk jenis frkuensi yang ada.
  2. Analisi Rambatan Suara. Rambatan suara adalah medium yang digunakan untuk suara bisa menyeberang ke ruangan lain. Jika ruangan meeting dibentuk dari tembok dan plafonnya tidak sampai dak, maka suara bisa menyeberang melalui area plafon yang terbuka atau terhubung dengan ruangan lain. Demikian juga jika dinding ruangan dibuat dari gypsum maka bisa jadi rambatan suara muncul dari dinding gypsum tersebut. Untuk menentukan rambatan ini, mudahnya adalah melihat seberapa tebal dinding, plafon yang anda miliki dan bahan apa yang dibentuknya. Dinding gypsum kosong umumnya hanya memiliki nilai daya kedap suara kecil dibawah 15 decibel, Jika kebisingan suara mencapai 60 decibel maka jelas sekali bahwa dinding gypsum tidak akan mampu memblokir suara. Demikian juga pada area Plafon. Jika dinding dibentuk dari kaca, maka sumber kebocoran suara bisa jadi dari kaca, atau kusen kaca, kaca yang terlalu tipis atau celah kusen pintu. Maka untuk melihat dari mana sumber kebisingan kita haruys faham prinsip prinsip rambatan suara dan jenis frekuensinya.
  3. Analisis Bahan Material Ruangan. Dalam teori kedap suara kita mengenal adanya nilai sound transmission lost (stl) bahan material yang digunakan untuk membentuk suatu ruangan. Misalnya ruangan meeting dibuat dari bahan gypsum kosong dengant tebal gyspum 9 mm, maka bisa jadi nilai stl bahan dinding ruangan meeting tadi nilainya sangat kecil bila dibandingkan dengan tingkat kebisigan suara yang ada. Misalnya nilai stl gypsum dinding adalah 15 decibel sedangkan tingkat kebisingan adalah 60 decibel maka secara kasat mata kita bisa melihat adanya ketidakmampuan dinding gypsum untuk memblok suara 60 db tersebut. Wajar jika ruangan meeting bocor. Demikian pula jika area plafon hanya 1 lapis dinding dan tidak terisolasi dengan baik, maka kebocoran bisa jadi area plafon juga. Inilah yang disebut analisis nilai stl bahan material pembentuk ruangan.
  4. Pemasangan Bahan Kedap Suara. Setelah analisis bisa diselesaikan dan masalah ditemukan secara detail satu per satu, maka kita bisa menemukan solusi kebocoran suara ruangan meeting. Solusinya adalah memsang bahan kedap suara dengan nilai stl yang ditentukan sebelumnya berdsarakan hasil analisis diatas termasuk tingkat kebisingan suara dan jenis frekuensinya. Bisa jadi beda bahan material yang digunakan untuk membentuk ruangan meeting, maka bisa jadi solusinya juga berbeda, tergantung dari kita mau dibuat sekedap apa ruangan meeting tersebut. Bisa jadi dibuat kedap lebih dari 80 decibel, atau kedap setara 60 decibel atau kedap 40 decibel, semua tergantung dari pilihan kita akan bahan material yang hendak kita pasang.

Untuk membuat ruangan kedap suara atau peredam suara kita harus faham  mengenai teknis pemasangan bahan peredam suara atau teknik insulasi suara yang baik dan benar. Bisa jadi kesalahan memasang bahan kedap suara mengakibatkan kebocoran dari struktur bangunan atau disebuat structure noise yaitu suara yang merambat melalui medium bangunan. Jika pemasangan tidak dilakukan dengan baik benar bisa jadi suara akan tetap ada dan kebisingan masih terdengar dalam ruangan meeting.

Jika anda membutuhkan kontraktor peredam suara ruangan meeting, jasa pembuatan ruangan meeting, jasa peredam suara ruangan meeting, biaya peredam suara ruangan meeting, bahan material pembuat ruangan meeting, dan seputar masalah peredam suara silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih.

Posted in: Jasa Peredam Suara | Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.