Jasa Pembuatan Peredam Suara Kamar Tidur

Aug 25, 2018 | | Say something

Anda mau membuat peredam suara kamar tidur? terganggu suara dari luar masuk kekamar dan tidak bisa tidur nyenyak? maka solusi terbaik adalah memasang peredam suara kamar tidur yang bisa membuat ruangan kamar tidur jadi nyaman dan bebas dari kebisingan suara dari luar. Untuk memasang peredam suara kamar tidur maka sebelum memasang kami perlu mendapatkan informasi detail mengenai kebisingan suara tersebut.

Untuk memahami lebih dalam mengenai peredam suara kamar tidur, disini kami mau membahas sedikit banyak mengenai kebisingan suara, jenis rambatan suara masuk kedalam kamar tidur, bahan material yang digunakan, teknik pemasangan dan harga pembuatan peredam suara kamar tidur. Semoga bermanfaat!

Kebisingan Suara

Suara kita kenal memiliki banyak sumber suara atau sumber kebisingan, mulai dari suara percakapan manusia, suara alam seperti angin, air, suara kendaraan bermotor, suara speaker, suara bengkel dan sebagainya macam macam sumber suara yang bisa menimbulkan kebisingan suara dan ketidaknyamanan masuk kedalam ruangan. Kebanyakan suara adalah gabungan berbagai sinyal getar terdiri dari gelombang harmonis, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan getar osilasi ataufrekuensi yang diukur dalam satuan getaran Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam satuan tekanan suara desibel (dB). Kenyaringan yang berlebih dapat mengakibatkan kebisingan yang sehingga dapat mengganggu pendengaran.

Kebisingan adalah bunyi atau suara yang tidak dikehendaki dan dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan lingkungan yang dinyatakan dalam satuan desibel (dB). Kebisingan juga dapat didefinisikan sebagai bunyi yang tidak disukai, suara yang mengganggu atau bunyi yang menjengkelkan. Berdasarkan Kepmenaker, kebisingan adalah suara yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat-alat, proses produksi yang pada tingkat tertentu dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan pendengaran.

Bunyi yang menimbulkan kebisingan disebabkan oleh sumber suara yang bergetar. Getaran sumber suara ini mengganggu keseimbangan molekul udara sekitarnya sehingga molekul-molekul udara ikut bergetar. Getaran sumber ini menyebabkan terjadinya gelombang rambatan energi mekanis dalam medium udara menurut pola ramatan longitudinal. Rambatan gelombang diudara ini dikenal sebagai suara atau bunyi sedangkan dengan konteks ruang dan waktu sehingga dapat menimbulkan gangguan kenyamanan dan kesehatan.

Kebisingan adalah sesuatu yang sifatnya subjektif dan psikologis. Dikatakan subjektif karena sangat bergantung pada orang yang bersangkutan, misalnya suara bercakap –
cakap di dalam bioskop yang mengganggu sebagian orang, namun suara ribut di suatu pasar bukanlah masalah bagi orang di sekelilingnya. Beberapa jenis suara dapat lebih mengganggu daripada yang lain, suara yang keras lebih sering mengganggu daripada bunyi pelan karena itu suara dapat menjadi gangguan yang sangat tidak diinginkan. Hal ini secara psikologis dapat mengganggu kondisi emosi seseorang sehingga dapat menjadi suatu masalah.

Jenis-jenis kebisingan yang sering ditemukan adalah:

  1. Kebisingan kontinyu dengan spektrum frekuensi luas (steady state, wide band noise) bising dimana fluktuasi dari intensitasnya tidak lebih dari 6 dB dan tidak putus-putus, misalnya suara yang ditimbulkan oleh kipas angin;
  2. Kebisingan kontinyu dengan spektrum frekuensi sempit (steady state, narrow band noise),misalnya suara yang ditimbulkan oleh gergaji sirkuler dan katup gas;
    Kebisingan terputus-putus (intermitten) bising yang berlangsung secar tidak terus-menerus, melainkan ada periode relatif tenang, misalnya suara lalu lintas, suara kapal terbang dilapangan udara;
  3. Kebisingan impulsif (impact or impulsive noise) bising jenis ini memiliki perubahan intensitas suara melebihi 40 dB dalam waktu sangat cepat dan biasanya mengejutkan pendengarnya seperti suara tembakan suara ledakan mercon, meriam., misalnya suara tembakan atau meriam;
  4. Kebisingan impulsif berulang,Sama dengan bising impulsif, hanya bising ini terjadi berulang-ulang misalnya suara yang ditimbulkan mesin tempa.

Sumber kebisingan

Sumber bising ialah sumber bunyi yang kehadirannya dianggap mengganggu pendengaran baik dari sumber bergerak maupun tidak bergerak. Umumnya sumber kebisingan dapat berasal dari kegiatan industri, perdagangan, pembangunan, alat pembangkit tenaga, alat pengangkut dan kegiatan rumah tangga. Di Industri, sumber kebisingan dapat di klasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu

1. Mesin : Kebisingan yang ditimbulkan oleh aktifitas mesin.
2. Vibrasi : Kebisingan yang ditimbulkan oleh akibat getaran yang ditimbulkan akibat gesekan, benturan atau ketidak seimbangan gerakan bagian mesin. Terjadi pada roda gigi, roda gila, batang torsi, piston, fan, bearing, dan lain-lain.
3. Pergerakan udara, gas dan cairan : Kebisingan ini di timbulkan akibat pergerakan udara, gas, dan cairan dalam kegiatan proses kerja industri misalnya pada pipa penyalur cairan gas, outlet pipa, gas buang, jet, flare boom, dan lain-lain.

Pengaruh Kebisingan terhadap tenaga kerja adalah sebagai berikut :
1. Gangguan fisiologis
Gangguan dapat berupa peningkatan tekanan darah, nadi dan dapat menyebabkan pucat dan gangguan sensoris
2. Gangguan psikologis
Gannguan psikologis berupa rasa tidak nyaman, kurang konsentrasi, emosi dll.
3. Gangguan komunikasi
Gangguan komunikasi dapat menyebabkan terganggunya pekerjaan, bahkan bisa berakibat kepada kecelakaan karena tidak dapat mendengar isyarat ataupun tanda bahaya.
4. Gangguan pada pendengaran (Ketulian)
Merupakan gangguan yang paling serius karena pengaruhnya dapat menyebabkan berkurangnya fungsi pendengaran. Gannguan pendengaran ini bersifat progresif tapi apabila tidak dilakendalikan dapat menyebabkan ketulian permanen.

Memasang Peredam Suara Kamar Tidur untuk mencegah Kebisingan

Untuk meredam kebisingan suara masuk kedalam kamar tidur salah satu teknik yang cukup efektif adalah dengan memasang peredam suara kamar tidur, yaitu memasang peredam suara di mana sumber suara tersebut masuk dan merambat ke dalam ruangan kamar tidur. Misalnya memasang peredam suara dinding dan plafon, memasang peredam suara di jendela dan pintu. Maka teknik ini umumnya cukup efektif mencegah suara merambat dan masuk ke dalam ruangan.

Suara umumnya merambat melalui media padat, cair dan gas. Maka untuk meredam suara kamar tidur kita bisa mengetahui apakah suara itu dominan merambat melalui udara atau struktur bangunan atau medium lainya? Dari hasil survey, analisis dan pengamatan kita bisa mengetahui suara yang merambat ke kamar tidur apakah melalui medium udara atau medium struktur bangunan atau keduanya?

Sebelum melakukan peredaman suara kamar, kita harus melakukan beberapa hal yaitu:
1. Analisis dan Survey. Analisis dan survey bertujuan mendapatkan informasi jenis suara, asal suara, tingkat kebisingan dan jenis rambatan suara sehingga dengan demikian seorang kontraktor peredam suara memiliki gambaran yang lengkap akan peredam suara yang akan dipasang sehingga bisa menghasilkan daya kedap suara yang maksimal. Tanpa informasi yang detail dan jelas maka hasil akhirnya bisa jadi salah dan kurang maksimal. Dengan demikian maka kita bisa tahu, melalui medium apa suara itu merambat, apakah dominan lewat jendela, pintu, tembok, atap plafon atau apa, dengan mendengarkan rambatan suara tersebut kami bisa memberikan solusi pas dan tepat termasuk teknik pemasangan yang harus dikerjakan.
2. Pemilihan bahan material dan teknik pemasangannya. Sesudah mendapatkan gambaran tentang hasil survey maka kita bisa menentukan bahan material yang digunakan seberapa kedap dan jenis frekuensi apa yang harus dominan diblokir serta bagaimana teknik yang digunakan. Maka pemilihan bahan material menentukan nilai sound transmission lost dari bahan material peredam suara yang digunakan. Teknik pemasangan juga menentukan seberapa suara dapat diisolasi dengan baik dan benar. Kesalahan teknik pemasangan bisa membuat suara merambat melalui medium yang dipasang.
3. Rancana Anggaran Biaya. Sering kali sesudah survey dilakukan, bahan material dipilih, maka yang menentukan selanjutnya adalah rencana anggaran biaya pembuatan peredam suara kamar tidur. Harga peredam suara kamar tidur tentu ditentukan dari hasil survey yang bisa menghasilkan pemilihan bahan material yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lain. Misalnya kamar tidur yang dekat dengan sumber suara speaker jarak 50 meter, dengan rambatan melalui plafon, jendela, pintu dan dinding hebel yang tipis, bisa jadi anggarannya akan lebih tinggi dibandingkan kamar tidur yang dibangun dari bahan bata merah diaci tebal 25 cm lebih dengan plafon di dak dan double jendela dan pintu. Maka dari informasi hasil survey akan menentukan seberapa beda bahan material yang digunakan akan memblok suara secara berbeda dari satu tempat dengan tempat lain.

Harga peredam suara kamar tidur ditentukan oleh faktor diatas, namun dalam skala umum dan tingkat kebisingan tidak terlalu tinggi, maka harga peredam suara kamar tidur bisa diharga Rp 500.000 per m2 sudah termasuk bahan material dan jasa pemasangannya. Namun harga tersebut belum diputuskan dari hasil survey yang bisa mengubah harga karena faktor lainnya. Bahan material peredam suara yang digunakan umumnya menggunakan rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool dan bahan material lainnya seperti karet peredam suara, karpet, busa dan sebagainya.

Bahan Peredam Suara Kamar Tidur.

Bahan peredam suara seperti pada umumnya bahan yang digunakan adalah bahan peredam suara yang utama yang digunakan seperti rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool. Saya akan membahas sedikit mengenai bahan peredam suara ruangan yaitu glasswool, rockwool dan greenwool/healthywool dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing masing.

1. Bahan peredam suara glasswool. Umumnya dulu banyak orang menggunakan bahan peredam suara glasswool sebagai bahan peredam suara ruangan pada dinding kamar, plafon atau atap rumah, ruang genset, ruang meeting dan sebagainya. Glasswool yang umum dipakai adalah jenis roll yang berharga murah dan tipis. Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar serat kaca. Ciri-ciri Glasswool seperti selimut tebal berwarna kuning. Glasswool dijual eceran dalam bentuk lembaran dan dalam kuantitas besar dalam bentuk roll. Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.

Pada saat pengaplikasiannya, glasswool sering kali rontok dan menempel di kulit sehingga menyebabkan kulit gatal atau perih seperti tertusuk jarum. Apabila serbuk kaca tersebut tersedot masuk ke paru-paru, akan melukai serabut paru-paru yang halus. Serabut tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan cara apa pun juga.

Glasswool berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Glasswool juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara glasswool menjadi berubah. Glasswool yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban glasswool juga berdampak pada umur yang mana glasswool akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir.

Dibalik segala kekurangannya glasswool merupakan bahan peredam suara yang murah terutama yang berbentuk roll panjang sehingga hemat biaya untuk bahan peredam suara ruangan.

2. Bahan peredam suara rockwool. Bahan peredam suara rockwool adalah pilihan kedua setelah rockwool. Umumnya rockwool memiliki berbagai macam jenis seperti juga glasswool, namun rockwool banyak digunakan dan cocok untuk bahan peredam suara studio musik, ruang karaoke, studio rekaman, ruang meeting dan sebagainya yang memiliki berbagai macam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai.

Rockwool adalah bahan peredam suara yang terbuat dari bahan dasar bebatuan. Ciri-ciri rockwool seperti selimut tebal berwarna abu-abu atau kuning. Rockwool dijual eceran dalam bentuk lembaran dalam kuantitas besar dalam bentuk roll atau lembaran berkemasan plastik. Rockwool memiliki ketebalan mulai dari 25mm – 100mm dengan densitas permukaan mulai dari 30g/m2 sampai dengan 100g/m2.

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang dirancang untuk meredam suara dan isolasi terhadap panas. Terdapat dua jenis rockwool di pasaran Indonesia, yaitu rockwool tanpa brand dan rockwool impor branded. Perbedaan harga antara rockwool branded dan tidak branded cukup jauh. Rockwool tidak branded memiliki kualitas yang kurang baik untuk dipakai pada proyek yang mensyaratkan keamanan dan kesehatan. Bahan peredam suara ini biasanya dipakai di proyek dengan anggaran tidak terlalu tinggi karena harganya yang tidak terlalu mahal. Kelebihan lainnya bahan peredam suara rockwool lebih aman, tidak gatal, tahan api dan tahan lama sehingga cocok digunakan sebagai bahan peredam suara ruangan anda.

3. Bahan peredam suara greenwool/healthywool. Saat ini bermunculan bahan peredam suara sintetis seperti greenwool yang jauh berbeda dengan bahan peredam suara glasswool dan rockwool yang biasa kita kenal. Bahan peredam suara greenwool diklaim merupakan bahan peredam suara yang sehat bebas dari bahan kimia sehingga tidak menganggu kesehatan manusia.

Umumnya bahan peredam suara greenwool juga memiliki berbagai macam jenis untuk berbagai macam keperluan namun ternyata bahan peredam suara greenwool merupakan bahan peredam suara yang tidak tahan api alias mudah terbakar. Dalam aplikasinya bahan peredam suara greenwool memang bagus untuk kesehatan namun harga bahan peredam ini 2 kali lipat lebih mahal daripada bahan peredam suara glasswool dan rockwool. Jadi anda tetap harus memperhatikan kekurangan bahan peredam suara jenis greenwool ini.

Jika anda membutuhkan informasi mengenai Peredam Suara Dinding Kamar Rumah Apartemen, Jasa Pasang Peredam Suara, Bahan Material Peredam Dinding Kamar, Harga Biaya Pembuatan Peredam Kamar Tidur, Jasa Kontraktor Peredam Suara, Bikin Peredam Dinding Kamar, Pemasangan Peredam Suara Dinding Kamar silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Terimakasih

 

Posted in: Jasa Peredam Suara | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.