Bahan Kedap Suara yang Murah

Dec 29, 2017 | | Say something

Masalah kebisingan suara atau kebocoran suara berkaitan erat dengan bahan kedap suara atau yang banyak disebut orang awam, bahan peredam suara. Sering kali kebocoran suara atau kebisingan suara dapat mengganggu kenyamanan, ketenangan dan jiwa seseorang. Namun tahukah anda bahwa membuat ruangan kedap suara itu bukan perkara yang mudah dan murah?

Dalam membuat ruangan kedap suara atau bahan partisi peredam suara yaitu memblok suara supaya tidak bocor keluar ruangan dan sebaliknya, maka kita perlu mempertimbangkan faktor faktor utama dalam menyusunnya, yaitu bahan bahan kedap suara yang mampu memblokir suara secara maksimal, memutus energi suara dan getaran atau rambatan sehingga suara tidak bisa menembus atau tidak bocor keluar. Pertanyaan berikutnya adalah seberapa keras suara yang hendak diblokir? Apakah suara gitar? suara gonggongan anjing? Suara bisik percakapan tetangga? Suara drum dan bass listrik? suara speaker atau suara kereta api?

Seperti diketahui suara disekitar kita itu banyak sekali dari yang suaranya kecil, lemah, sampai suara yang biasa kita dengar dan suara yang keras sekali. Maka kita perlu melakukan identifikasi jenis suara yang hendak kita blokir tersebut, karena tidak harus semua jenis suara diblokir dengan bahan kedap suara dan daya kedap suara yang maksimal. Jadi untuk memblokir percakapan tetangga kantor sebelah atau tetangga apartemen sebelah kita bisa mengukur tingkat kebisingan suara atau tingkat kekerasan suara yang kita dengan kemudian kita cocokan dengan bahan peredam suara apa yang cocok untuk memblok suara tersebut dan biayanya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Didalam dunia bisnis peredam suara berlaku pula prinsip ekonomi, artinya jika kita memasang bahan peredam suara yang murah bisa jadi kita tidak bisa memblokir suara gitar dan bass listrik dengan daya 100 decibel. Tentu kita harus menyesuaikan bahan peredam suara dengan level kebisingan suara yang ada. Jika suara percakapan tetangga kantor tingkat kebisingannya hanya 50 decibel, tentu kita tidak perlu memasang bahan peredam suara 100 decibel. Itu terlalu tinggi. Tetapi jika suara studio musik drum, keyboard, gitar, bass dan sebagainya yang memiliki tingkat daya kebisingan hingga 110 decibel dan kita pasang bahan peredam suara murah yang hanya memblokir 50 decibel, maka itu namanya bunuh diri hehehe. Sebab anda percuma memasang bahan peredam tersebut karena pasti suara masih sangat berisik di kanan kira anda dan tetangga bisa komplain. Disinilah maksud saya untuk mengetahui bahwa tingkat kebisingan suara harus dibarengi dengan pemasangan bahan peredam suara yang cocok pada level daya blokirnya. Artinya tingkat kebisingan tinggi maka harus menggunakan bahan peredam suara yang tinggi pula untuk memblok suara maksimal. Jika tingkat kebisingan rendah, maka lebih baik gunakan yang selevel, kecuali memang anda ingin membuat ruangan yang benar benar kedap dalam segala kondisi.

Bahan peredam suara murah umumnya mudah kita temui disekitar kita, seperti tipleks, gypsum, mdf, karpet, busa dan sebagainya. Untuk pemasagannya pun bisa tidak serumit pemasangan bahan kedap suara yang memang benar benar digunakan dan serius untuk memblok suara dengan baik benar. Jika hanya untuk asal main drum atau gitar di rumah saja, kita bisa menggunakan bahan peredam suara  murah tersebut. Namun jika untuk ruangan karaoke, studio musik, studio rekaman atau rumah ibadah dan anda memang tidak mau mengganggu tetangga kanan kiri, maka menggunakan bahan peredam suara yang bagus perlu anda pertimbangkan.

Buat anda yang mau membuat ruangan peredam suara dengan bahan yang murah  atau dengan daya kedap yang menyesuaikan dengan keinginan anda, maka silahkan hubungi kami. Kami adalah agen distributor bahan kedap suara dan kontraktor peredam suara sejak tahun 1998 hingga sekarang. Kamsia! Terimakasih!

Posted in: Uncategorized | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.