Bahan Kedap Suara dan Bahan Peredam Suara

Feb 17, 2017 | | Say something

Agen Distributor Bahan Kedap Suara I Peredam Suara Rockwool Glasswool Greenwool I Harga Bahan Kedap Suara I Biaya Pasang Bahan Peredam Suara.

Anda berencana membuat ruangan kedap suara seperti ruang karaoke, studio musik, aula ballroom, kedap suara untuk gereja, pengedap suara kamar tidur apartemen, kedap suara untuk studio shooting yang  tidak bocor dan tidak ganggu tetangga kanan kiri? Maka dalam membuat room karaoke, studio musik, home theatre, bioskop dan lainnya anda memerlukan ruangan kedap suara dan peredam suara. Apa yang dimaksud dengan kedap suara dan peredam suara? Mari kita bahan satu persatu.

Pengertian Kedap Suara dan Peredam Suara

Sering kali orang awam memahami peredam suara sebagai cara memblok suara supaya tidak bocor keluar atau masuk ke dalam ruangan. Padahal yang benar pengertian peredam suara (sound absorbing) adalah menyerap kelebihan suara yang ada dalam ruangan. Artinya peredam suara bukan bahan yang digunakan untuk membuat suara tidak keluar ruangan atau masuk kedalam ruangan. Ruangan kita insulasi secara akustik suara supaya kedap. Hal ini dinamakan pengedap suara. Maka jika kita mau menginsulasi suara secara akustik. Untuk membuat ruangan terisolasi secara akustik atau tidak ada suara bocor keluar masuk hal ini dinamakan kedap suara atau cara membuat ruangan kedap suara. Jadi kedap suara berkaitan dengan suara yang keluar atau masuk ruangan.

Peredam suara memiliki pengertian yang sedikit berbeda yaitu menyerap kelebihan suara yang ada dalam ruangan. Sesudah kontraktor peredam suara memasang bahan kedap suara dan membuat ruangan menjadi kedap suara, maka langkah berikutnya adalah membuat peredam suara yaitu menyerap kelebihan suara akibat adanya gaung atau gema dalam ruangan. Umumnya kelebihan suara ini menyebabkan masalah gaung dalam ruangan yang kemudian kita treatment dengan peredam suara. Bahan peredam suara ini sendiri memiliki banyak jenis atau elemen. Yang utama adaa 3 elemen dasara yaitu penyerap, penyebar dan pemantul. Ketiga elemen ini kita mainkan atau kita pasangkan sesuai dengan formasi akustik suara yang hendak kita buat. Misalnya untuk ruangan studio rekaman  memiliki elemen peredam suara yang lebih banyak penyerap suara (absorb panel), sedangkan ruangan meeting atau ibadah akan memformasikan akustik secara berbeda, karena kita mau suara dari panggung bisa terdengar jelas sampai ke belakang dengan mendengar dari suara pertama dan bukan dari suara pantulan.

BAHAN KEDAP SUARA DAN BAHAN PEREDAM SUARA

Berbicara mengenai bahan kedap suara, maka ada ciri atay syarat sebuah material dapat digunakan sebagai bahan kedap suara. Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya. Kinerja bahan kedap suara ini akan dipengaruhi oleh frekuensi suara yang memaparinya, dalam artian sebuah bahan dengan ketebalan tertentu akan menjadi bahan kedap suara yang baik di frekuensi tinggi tetapi buruk pada frekuensi rendah, atau sebaliknya. Jenis masssa bahan material juga merupakan ciri utama yang harus dimiliki bahan kedap suara. Bahan kedap suara yang memiliki densitas (massa jenis) permukaan yang lebih besar memiliki nilai kedap suara yang lebih besar pula. Densitas permukaan adalah berat bahan tipis yang mendekati nol dibagi dengan luas permukaan bahan tersebut. Satuan densitas permukaan adalah kilogram per meter persegi (kg/m2).
Contoh: Densitas permukaan MDF 3mm adalah 1.93kg/m2 memiliki STC 9 dan densitas permukaan Triplek 3mm adalah 0.71kg/m2 memiliki STC 5. STC singkatan dari Sound Transmission Class dan menunjukan indeks pengurangan transmisi suara material tertentu. Semakin besar angka STC, maka material tersebut memiliki kemampuan kedap suara yang lebih besar pula. Dari contoh tersebut, terlihat bahwa semakin besar densitas permukaan sebuah material, maka semakin besar pula nilai STC-nya.

Berbeda dengan bahan kedap suara, maka bahan peredam suara atau disebut sound absorbing adalah bahan material yang digunakan untuk menyerap kelebihan suara dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb). Ada berbagai tipe bahan ini, misalnya tipe bahan berpori (untuk suara dengan frekuensi menengah sampai tinggi), tipe panel (frekuensi menengah-rendah), tipe resonator (frekuensi rendah), tipe perforasi mikro (frekuensi tertentu). Penggunaan bahan ini semata untuk kebutuhan pengguna di dalam ruangan, agar mendapatkan medan suara sesuai dengan fungsi ruang (misalnya ruang biosk0p harus memiliki permukaan penyerap yang dominan karena diharapkan pengguna mendengarkan suara langsung saja dari loudspeaker terpasang, sedangkan ruang konser simphony memerlukan bahan penyerap sesedikit mungkin karena diharapkan energi suara dari panggung bertahan selama mungkin tanpa mengurangi intelligibilitynya).

Jadi, kedua jenis bahan akustik tersebut dalam tataran praktisnya digunakan secara bersama-sama, sesuai dengan fungsinya masing-masing, untuk membentuk ruang akustik dengan berbagai fungsinya. contoh: Untuk ruang studio diperlukan sejumlah besar permukaan penyerap suara, sekaligus selubung kedap suara, ruang konser memerlukan sedikit bahan penyerap suara tetapi memerlukan  selubung kedap suara yang sangat baik.

note: perlu diingat bahwa dalam sebuah ruangan, kinerja kedap tidak hanya dibebankan kepada salah satu komponen penyusun ruang saja, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh penyusun ruangan (dinding, langit-langit dan lantai) karena suara bisa merambat lewat seluruh komponen penyusun ruang tersebut. Suara bisa bocor lewat dinding, lantai maupun langit-langit. Ingat, sekecil apapun lubang pada ember, akan menyebabkan air keluar dari ember tersebut alias bocor.

JASA PEMASANGAN KEDAP SUARA DAN PEREDAM SUARA

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai pembuatan ruangan kedap suara dan peredam suara, alangkah baiknya kita fahami dahulu pemilihan daya kedap suara dan peredam suara agar tidak salah anggaran dan tidak salah setting dalam membuatnya. Untuk jasa pembuatan ruangan kedap suara, kita perlu lihat fungsi ruangan. Misalnya fungsi ruangan kedap suara studio karaoke, fungsi ruangan kedap suara ruangan kelas, fungsi ruangan kedap suara ruangan aula ballroom atau fungsi ruangan kedap suara mesin. Fungsi masing masing ruangan akan membedakan daya kedap suara serta bahan material yang digunakan sehingga anda bisa menggunakan anggaran sesuai fungsi ruangan.

Langkah bijak sebelum membuat ruangan kedap suara dan peredam suara diperhatikan hal hal berikut:

  1. Analisis sumber kebisingan suara. Sumber kebisingan bisa berasal dari luar ruangan dan dalam ruangan. Misalnya dari jalan raya yang masuk ke dalam kamar tidur. Atau alat karaoke dan studio musik yang bisa menggangu tetangga sebelah. Maka dengan menganalisa sumber kebisingan kita juga bisa menganalisa tingkat kebisingan suara dan jenis frekuensi suara yang ditimbulkanya. Misalnya jenis frekuensi low yang terdapat pada drum atau mesin pabrik bisa menyebabkan gangguan serius pada kamar tetangga sebelah rumah atau sebaliknya. Maka langkah baiknya kita tahu sumber kebisingan yang ada dan tingkat kebisingan yang timbul dengan begitu konsultan akustik peredam suara akan lebih tepat sasaran dalam membuat ruangan kedap suara.
  2. Analisis Fungsi Ruangan. Analisis ini berkaitan dengan analisis pertama, yaiitu sumber kebisingan. Misalnya untuk membuat ruangan kedap suara ruangan kelas bisa kita gunakan bahan material yang simple dan tidak memerlukan daya kedap suara yang maksimum. Bisa kita downgrade jika kebisingan suara hanya percakapan saja, bisa kita gunakan bahan material yang sederhana. Namun jika fungsi ruangan untuk karaoke room, studio musik latihan band atau rekaman, maka kita perlu perhitungkan untuk membuat ruangan kedap suara maksimum. Maksudnya adalah jika sumber kebisingan ruangan karaoke hingga 115 decibel, maka kita perlu memblok suara secara maksimal agar tidak mengganggu orang lain. Demikian fungsi ruangan bisa memberikan hasil berbeda pada bahan material yang digunakan untuk pembuatan ruangan kedap suara.
  3. Analisis Anggaran Biaya. Anggaran biaya pembuatan ruangan kedap suara akhirnya menentukan seberapa kedap suara yang hendak anda buat. Namun jangan salah persepsi sebab banyak orang awam tidak faham mengenai daya kedap suara ini. Misalnya tingkat kebisingan suara sebesar 80 desibel dengan dominan pada frekuensi mid high, maka kita bisa menggunakan bahan material yang fokus pada jenis frekuensi tersebut dan daya kedap maksimal 80 desibel. Artinya jika tingkat kebisingan suara mengkat diatas 80 desibel bisa jadi ruangan kedap yang anda buat bisa bocor. Mengerti kan? dan jenis frekuensi yang dominan pada low frequensy bisa jadi ruangan kedap anda bisa bocor. Jadi dengan anggara yang anda miliki anda harus tahu “bagian”mana yang anda dapatkan dari pembuatan ruangan kedap suara ini agar anda tidak merasa tertipu. Karena jangan anda salah persepsi. Bisa jadi dengan anggaran hanya 30 juta tapi anda mau daya kedap bisa memblok tingkat kebisingan diatas 80 db, maka hal ini bisa nonsense. Jadi sesuaikan anggaran biaya pembuatan ruangan peredam suara anda dengan tingkat kebisingan yang akan timbul atau yang akan diblok. Jangan sampai anda membeli mobil ferari dengan harga 500 juta. Anda pasti akan ditertawai orang banyak. Atau anda membeli mobil second kijang lama dengan harga 1 milyar. Faham kan maksudnya?

Memahami Tingkat Kebisingan Suara dan Bahan Material Kedap Peredam Suara Yang Digunakan

Mengatasi masalah kebingungan customer mengenai peredam suara ini, maka lebih baik kita fahami tentang tingkat kebisingan suara yang pada umumnya muncul. Dengan memahami tingkat kebisingan suara ini maka kita bisa tahu mana bahan material kedap peredam suara yang lebih baik digunakan sehingga pada akhirnya anggaran biaya yang anda keluarkan bisa lebih efektif dan efisien.

Dari gambar diatas maka kita bisa tahu tingkat kebisingan suara yang muncul atau yang akan kita blok seberapa kuat. Dengan melihat tingkat kebisingan maka kita bisa mengerti mengapa biaya pembuatan peredam suara semakin bagus daya redamnya semakin mahal. Jika kita hendak membuat ruangan karaoke dengan raya redam maksimal hingga 115 db bisa jadi biaya yang kita keluarkan akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya peredam suara untuk kelas saja. Dan bahan peredam suara yang digunakan pun bisa disesuaikan atau didowngrade mengikuti daya redam kebisingan suara maksimal misalnya 80 decibel. Jadi anda bisa faham mengapa bahan peredam suara diklasifikasikan berdasarakan daya redam tingkat kebisingannya.

Untuk membuat studio musik latihan lengkap dengan alat musik drum, keyboard, gitar dan lainnya tingkat kebisingannya bisa mencapai 100 decibel dibutuhkan lebih dari sekedar bahan peredam suara sehingga kita bisa melihat susunan dinding dan plafon kedap suara bisa meliputi bahan seperti gypsum, mdf board atau plywood, rockwool atau glasswool, karpet, karet, lem insulasi, dan sebagainya untuk mencapai daya kedap suara yang hendak diblokir. Maka hasil analisa survey kebisingan bisa menentukan seberapa besar tingkat kebisingan suara yang ada dan berapa nilai STC (sound transmition class) bahan peredam suara yang dipasang. Dengan demikian kita bisa menghitung tingkat kebisingan suara, misalnya 100 decibel kita bisa pasang dengan bahan material hingga diblok menurunkan hingga 30 decibel dalam ruangan. Pengukuran nilai stc masing masing  bahan peredam suara sangat penting untuk bisa menganalisa dan memberikan garansi ke konsumen akan daya kedap suara yang mampu diblok suaranya.

Lalu susunan pemasangan kedap suara seperti apakah yang bisa digunakan? apakah semua lapisan pemasangan sama atau bisa berbeda? Jawabannya adalah lapisan pemasangan bahan kedap suara harus berbeda berdasarkan kebutuhan dari konsumen. Bisa jadi kebisingan ruang meeting sebelum treatmen 70 db hanya perlu diturunkan ke 45 db tidak membutuhkan material yang sama dengan kebutuhan ruangan karaoke yang kebisingannya bisa mencapai 100 db dan bisa diblok hingga turun sampai 65 db. Mengerti kan maksudnya?

Untuk membuat ruangan kedap suara ruangan meeting dengan sumber kebisingan hanya percakapan karyawan atau suara langkah kaki, maka kita tidak perlu memberikan bahan peredam suara yang daya blokirnya tinggi, karena sumber suara itu adalah salah satu faktor penentu daya kedap suara dapat dipasang secara efisien dan efektif. Jika kita berikan bahan peredam suara untuk memblok suara seperti studio rekaman maka akan mubajir alias tidak terpakai. Lebih baik menggunakan bahan peredam suara sesuai dengan fungsi ruangan dan sumber kebisingan suara yang ada untuk lebih efektif dalam memblok suara.

Jika anda ada pertanyaan seputar jasa peredam suara atau ingin membeli bahan peredam suara silahkan hubungi kami akan kami berikan informasi via WA di nomer hunting kami. Terimakasih.

Posted in: Bahan Kedap Suara | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.